Mengemas barang bawaan saat akan mudik memang terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Terlalu banyak barang bawaan akan membuat tas jadi berat saat dibawa. Tapi kalau harus meninggalkan barang-barang tertentu, rasanya seperti ada yang kurang selama di perjalanan. Mudik lebaran biasanya hanya berlangsung selama satu hingga dua minggu saja, jadi kita harus bisa memprioritaskan barang apa saja yang harus di bawa dan tidak. Kalau masih bingung bagaimana cara packing barang bawaan untuk mudik, berikut ini tipsnya:


Sesuaikan tas dan barang bawaan dengan transportasi yang kamu gunakan




Membawa koper besar saat berkendara dengan bus atau kereta api pasti akan merepotkan. Pastikan tas yang kamu gunakan tidak menghambat gerak saat di perjalanan. Misalnya, bawa koper ukuran maksimal 20 inch untuk masuk ke kabin pesawat, atau gunakan ransel seperti Palomino Hanna Backpack untuk menyimpan barang – barang penting saat mudik menggunakan kendaraan pribadi. Membawa barang dengan tas terpisah memudahkan kita untuk mencari barang selama perjalanan, sehingga tidak perlu repot membongkar koper di dalam bagasi.


Gunakan totebag besar untuk membawa berbagai perlengkapan mudik




Selama mudik dan di perjalanan, biasanya banyak benda esensial yang tak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari. Seperti makeup pouch, tisu dan tisu basah, hingga perlengkapan gadget seperti power bank atau headset. Menggunakan totebag berukuran besar yang bisa memuat banyak barang adalah pilihan yang tepat. Tas seperti Palomino Tanvi Totebag atau Palomino Sabela Totebag bisa memuat berbagai kebutuhan sehari-hari sesuai keinginan.


Prioritaskan barang yang paling esensial dan multifungsi




Seleksi kembali barang yang perlu kamu bawa beserta jumlahnya. Jika di tempat tujuan terdapat mesin cuci, kamu bisa menghemat jumlah baju yang dibawa. Bawa baju atasan dan bawahan yang mudah dipadu padankan satu sama lain. Begitu pula dengan makeup dan skin care yang akan dibawa, pilih produk yang multifungsi sehingga jumlah produk yang kamu bawa tidak terlalu banyak. Misalnya, lipstick untuk dijadikan eyeshadow sekaligus blush on, moisturizer yang bisa digunakan untuk wajah maupun badan, hingga sheet mask yang bisa menggantikan peran rangkaian skin care sehari-hari. Saat dalam kondisi liburan, kita pasti akan malas berlama-lama dandan atau menggunakan skin care di malam hari. Semakin singkat rangkaian rutinitas, akan semakin baik. Kamu juga bisa mulai mencari produk-produk kecantikan dalam ukuran travel atau sample size untuk mengurangi beban barang di tas yang dibawa.


Perhatikan cara mengepak barang di dalam koper




Menata barang bawaan secara teliti di dalam koper bisa membuat ruang di dalam koper lebih efektif untuk membawa banyak benda. Salah satu cara yang ampuh untuk menciptakan lebih banyak ruang kosong adalah dengan menggulung baju bawaan dengan rapi. Letakkan benda-benda kecil pada kantong-kantong terpisah yang ada pada sisi koper sehingga kita tidak bingung saat mencarinya. Selain itu kita juga bisa menyimpan barang berdasarkan waktu penggunaan. Letakkan barang yang akan digunakan pertama di bagian luar koper sehingga mudah dijangkau tanpa membongkar koper terlebih dahulu.


Selalu urutkan benda yang paling berat di bagian bawah koper dan beda yang lebih ringan di bagian tengah dan atas agar koper tidak mudah terjatuh di perjalanan. Jangan lupa untuk membawa kantong plastik untuk memisahkan baju kotor dan bawa tas kain cadangan apabila barang bawaan melebihi kapasitas koper. Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin barang bawaanmu tidak akan sebanyak biasanya dan agenda mudik jadi jauh lebih menyenangkan!